Bootloop? Apa Itu? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Di beberapa tutorial cara root android yang saya tampilkan di blog ini, sesekali saya menyebut kata bootloop sebagai resiko yang harus kalian hadapi jika proses ngeroot yang sedang kalian kerjakan menemui kegagalan. Nah, biar teman-teman yang belum paham apa itu bootloop mengerti, singkat saja saya tulis pengertian Bootloop dan cara mengatasinya.

Bootloop adalah masalah yang terjadi pada sistem gadget android kalian, dimana gadget tidak bisa melakukan startup sehingga tidak dapat masuk ke menu home. Biasanya sebelum masuk ke menu Home, gadget android yang sedang mengalami bootloop akan selalu mengulang ke posisi awal saat kita menyalakan gadget tersebut.

Panik? Jangan. Kalian tidak perlu panik karena bootloop sebenarnya adalah masalah umum yang sering terjadi di berbagai gadget android. Lalu, apa sih penyebab bootloop dan bagaimana cara mengatasinya? Biar makin paham, simak terus tulisan ini.

Macam-macam Bootloop pada android:


  • Android Light Bootloop. Pernah mengalami peristiwa ini ngga di android kalian,sedang menginstal aplikasi,lihat file, atau lagi menggunakan gadget kalian dengan normal dan sedang asyik-asyiknya, tiba-tiba gadget kalian terestart dan saat menyala kembali gadget mentok sampai di logo saja. Itulah yang disebut Android Light Bootloop, dan tenang saja, inilah bootloop yang paling mudah untuk diatasi karena kalian cukup mencabut battery dan memasangnya kembali. Lalu bagaimana jika battery terhubung ke perangkat dengan cara disolder? Ya mau ngga mau lepas dulu timahnya. Tapi jujur saya sih malas pakai gadget yang begitu :D
  • Android Medium Bootloop terjadi karena kita mencoba mengutak-atik android yang kita miliki. Medium bootloop masuk kedalam kerusakan tingkat menengah karena android  masih bisa dinyalakan, masih bisa masuk kedalam recovery mode. Cara mengatasinya: Untuk mengatasi bootloop tingkat ini dibutuhkan pc windows dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original dan juga CWM. cara tersebut bisa dilakukan apabila sudah pernah melakukan backup sebelumnya, bagi yang belum melakukan backup maka memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan type android yang sama.
  • Android Hard Bootloop atau sering juga disebut hardbrick (baca android bricked) adalah tingkatan bootloop yang paling berbahaya karena kita melakukan modifikasi file os android sehingga tidak bisa booting ponsel android kita dan yang muncul hanya logo android. Biasanya terjadi pada pengguna yang sudah melakukkan rooting dan melakukan modifikasi script misalnya mengubah font android, mengubah partisi external/micro sd, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan bagian system dengan aplikasi titanium backup, salah melakukan instal custom rom, dan lain-lain. Untuk masuk ke recovery mode tidak akan bisa pada tingkatan hard bootloop android seperti ini. Untuk mengatasi Android Bricked kalian perlu software yang tepat dan cara flashing yang tepat juga karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda-beda. cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android.
Nah, semoga sedikit penjelasan di atas bisa kasih kasih gambaran buat kalian yang belum mengerti apa itu bootloop.  Maafkan jika bahasa (baca: tulisan) saya agak sulit untuk dimengerti.

Semoga bermanfaat


Subscribe to receive free email updates: